Sabtu, 15 Januari 2011

UASBN dan UN Pendidikan Agama Diberlakukan 2011


Posted by admin on December 16, 2010
Ujian Nasional (UN) Pendidikan Agama Islam (PAI) akhirnya resmi diterapkan pada tahun 2011 mendatang dan berlaku secara nasional temasuk di provinsi DIY. ”UN PAI ini akan diberlakukan bagi siswa tingkat SMP dan SMA/SMK serta pada UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional) SD,” kata Kepala Bidang Perencanaan dan Standarisasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY Baskara Aji, Selasa (14/12).

Pemberlakuan UN Agama Islam tersebut merupakan usulan dari Kementerian Agama untuk dapat mengetahui daya serap dan pemerataan pendidikan agama Islam di seluruh wilayah. UN Agama ini hanya berlaku untuk agama Islam saja. Sedangkan agama lain belum dibuatkan aturan tersendiri dan masih menggunakan nilai ujian sekolah.

Berdasarkan data terakhir, jumlah siswa yang akan mengikuti UN agama di DIY adalah 90 persen dari sekitar 50 ribu siswa SD, 49 ribu siswa SMP dan 48 ribu siswa SMA/SMK. Sebelumnya DIY pernah melakukan uji coba UN PAI khusus untuk kabupaten Bantul. Tetapi mulai UN tahun depan akan berlaku bagi seluruh kabupaten/kota di tingkat SMP dan SMA/SMK seluruh DIY. Sehingga sekolah diminta untuk mempersiapkan materi bagi siswa, kata dia menambahkan.

3 komentar:

  1. untuk UASBN PAI apakah diaksanakan tahun 2011 sekarang atau tahun ajar 2011/2012?

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya sbg ketua KKG PAI Kec. Dawuan beserta para Guru KKG PAI se kec.Dawuan merasa bersyukur kpd Allah SWT. mudah2an generasi yang akan datang para anak didik kita benar-benar Bertaqwa/berakhlaq Islami dan berkarakter bangsa dengan dijadikannya PAI sebagai UASBN

    BalasHapus
  3. Untuk pelaksanaan UASBN PAI sepertinya tidak tahun sekarang, soalnya dalam jadwal resmi UASBN yang dikeluarkan Kemendiknas masih 3 mata pelajaran seperti tahun lalu. Mungkin tahun ajaran yang akan datang.
    Terimakasih teman-teman atas segala dukungan dan doanya, mudah-mudahan mutu pendidikan di Subang semakin maju dan meningkat, Amin.

    BalasHapus